Internet Marketing, Why Not?

Dunia Internet

Internet Marketing: Dunia teknologi informasi,  hingga saat ini berkembang sangat pesat dan laksana air bah yang sulit terbendung. Dengan teknologi ini orang dapat bertukar informasi antar kota, antar Negara bahkan antara benua, walaupun tidak saling mengenal satu sama lain, seakan tanpa sekat, seakan kita berhadapan langsung.

Salah satu bentuk teknologi informasi yang paling popular sebagai dunianya informasi, adalah Internet. Dengan menggunakan internet, orang bisa mencari informasi apa saja yang dibutuhkan, bahkan informasi yang menurut anda tidak pentingpun, ketika anda iseng-iseng mencoba mencari tahu, anda akan  mendapatkan disana. Mula dari informasi mengenai Cacing, Keong, Kuda, Hewan Ternak, Pupuk, Sekolah, Pajak, Peta, Film, Game, Senjata, Batu, dan lain-lain, akan anda dapatkan dengan mudah, hanya dengan memencet tuts pada keyboard PC atau Laptop  anda. Orang juga bisa memanfaatkan internet sebagai alat komunikasi yang kita kenal dengan Email dan chating, bahkan yang lebih hebat orang bisa cari uang melalui internet, belanja atau bisnis lewat internet, sering kita dengar dengan istilah e-commerce.

Pokoknya, internet menawarkan apa saja bagi kemudahan umat manusia, sebagai sumber informasi, alat komunikasi, hiburan dan bisnis.  Bagi anda yang sudah sering browsing di internet, pastinya sudah familiar betul dengan icon-icon di dunia per internetan, yaitu, Google, Yahoo,  instans messenger, chating, browsing, e-commerce, internet marketing, website, situs, Blog, dan lain-lain.

Memang, dalam segala hal, selain manfaat positif yang diberikan, pastinya ada hal-hal negatif yang akan muncul dari balik itu, dalam dunia internet, mereka muncul dalam bentuk pornografi, spam, informasi-informasi menyesatkan dan lain-lain, untuk itulah perlunya kehati-hatian bagi kita yang menggunakan internet. Bagi orang tua, suatu keharusan untuk selalu mendampingi anak-anak ketika browsing di internet.

Nah, sebagaimana telah diuraikan didepan, telah saya singgung sedikit mengenai bisnis atau perdagangan lewat dunia maya ini, yang kita kenal dengan e-commerce. Apa yang dimaksud dengan perdagangan atau bisnis di internet ini? Apa maksudnya berupa menawarkan barang – barang melalui Situs dengan i gambar-gambar serta penjelasan dan lalu orang beli via telepon, transfer dan barang diantar. Apa hanya itu yang dimaksud dengan bisnis di internet. Ternyata tidak, selain model ”konvensional”, yaitu dangangan di internet, ada cara lain orang dapat uang dari internet.

Internet Marketing

Untuk mengetahui semua hal tersebut di atas, maka kita perlu mempunyai ilmu pengetahuan tentang internet marketing. Apa itu internet marketing, dapat saya gambarkan melalui contoh kasus dan penjelasan sebagai berikut di bawah ini.

Mungkin anda pernah berniat menjual suatu produk tapi merasa berat karena merasa tidak cukup modal untuk membuka toko (membangun sendiri atau menyewa). Nah, sebagai jalan keluar anda bisa membuka toko online, artinya anda cukup memajang barang-barang anda diinternet melalui sebuah web yang anda bangun sendiri. Ketika orang  membaca  web anda dan kemudian tertarik produk yang anda tawarkan dan selanjutnya dia akan membeli. Supaya produk anda yang dipajang di web dibaca orang, tentunya anda perlu teknik sendiri untuk memasarkan web/produk anda  kepada publik. Inilah salah satu contoh perlunya internet marketing.

Apakah anda  pernah memperhatikan ketika membuka google, ketika anda meng-klik salah satu kata kunci kemudian muncul beberapa alamat situs, nah situs-situs itu yang muncul di  google,  ada yang gratis alias tidak perlu bayar ke google dan ada yang harus bayar ke google supaya situs mereka muncul dihalaman google. Kenapa harus bayar? Karena, dengan munculnya situs di halaman google, berarti mendapat  traffic pengunjung, dengan adanya traffic berarti iklan atau produk yang ada di situs ini sampai kesasaran calon konsumen, yaitu apabila pengunjung meng-klik situs tersebut dan kemudian tertarik dengan barang yang ditawarkan situs tersebut.

Tahukah anda, bahwa  untuk memperluas pasarnya, google merasa perlu mengajak situs-situs lain, termasuk situs anda (apabila ada) untuk memasang iklan google di situs mereka atau situs anda, dan tentunya tidak gratisan, karena Google akan membayar pemilik situs, yang situsnya dikunjungi orang dan orang tersebut kemudian meng-klik iklan-iklan google yang ada disitus tersebut. Itulah yang kita kenal dengan nama  Google’s Adsense.

Selain Google’s Adsense, ada bentuk lain yang akan saya jelaskan melalui  ilustrasi sebagai berikut. Umpamanya anda mempunyai produk yang akan diual melalui situs anda. Nah supaya jangkauan pemasaran produk lebih luas, anda merasa tidak efektif kalau hanya mengiklankan sendiri melalui situs anda, makanya anda mengundang situs lain untuk ikut memasarkan produk anda. Apabila orang tersebut berhasil menjual produk anda melalui situsnya, maka ia akan mendapat komisi dari anda. Bahkan apabila ada merupakan perusahaan bonafid dan besar,  ada akan berani membayar apabila ada pengunjung yang mengklik iklan produk anda di situs yang mengiklankan pruduk anda tersebut, inilah yang kita kenal dengan istilah affiliate marketing. Dengan affiliate marketing orang yang tidak punya produk pun bisa mempunyai penghasilan dari internet. Selanjutnya, tinggal terserah anda, mau berada diposisi mana, jadi yang menjual produk atau cukup menjadi affiliate marketers.

Gambaran di atas, hanya sebagai kecil dari dunia internet marketing, masih banyak hal lain yang bisa kita gali disana, misalnya mengenai variasi bentuk affiliate marketing,  skema pembayaran, bagaimana caranya mengikuti google’s adsense, affiliate marketing dan sebagainya.

Sekolah Internet Marketing

Bagaimaan cara mempelajari itu semua? Mudah, ”belajar!”. Bagaimana cara belajar, anda bisa ikut kursus pembuatan website dan cari informasi disana tentang seluk – beluk internet marketing,  atau anda juga bisa beli buku tentang internet marketing, atau anda bisa cari dan download gratis di internet, saya yakin banyak  disana. Atau, apabila anda bingung, saya sarankan untuk  sekolah internet marketing berbayar secara on line. Pasti anda akan bertanya, apa bedanya dengan modul-modul internet marketing yang bisa didapatkan secara gratis atau buku-buku yang mungkin bisa lebih murah?

Memang betul anda dapat dengan mudah mendapatkan modul-modul belajar yang  gratis,  tapi mengingat materinya terpisah-pisah atau  sepotong-sepotong dan tersebar di berbagai situs,  mungkin anda akan lelah, bingung dan bisa frustasi, mau belajar mulai dari mana?. Demikian juga kalau anda akan belajar melalui buku, anda harus membeli banyak buku, karena materinya sangat banyak dan beragam. Umumnya, satu buku hanya membahas satu materi, misalnya buku tentang ”Bagaimana membuat website”. Namun, dengan sekolah internet ini  anda akan mendapatkan berbagai macam modul mulai dari nol sampai anda mahir secara berurutan dan disini anda bisa interaktif mengajukan pertanyaan kepada  tim pengajarnya via email. Dan, disini terserah anda kapan mau berhenti sesuai tingkat kebutuhan anda akan ilmu internet marketing.

Mengenai internet marketing, tempat belajar secara online yang saya kenal adalah  Asian Brain IMC.Com, itu lho sekolah online milik  Anne Ahira. Siapapun yang telah menggeluti dunia internet khususnya internet marketing, pastilah tahu nama Anne Ahira. Sebagai perbandingan, kalau di bidang telematika anda kenal Roy Suryo, di bidang internet marketing,  Anne Ahira lah orangnya.

Di sekolah ini, anda akan banyak mendapatkan hal-hal  yang selama ini mungkin sama sekali tidak pernah terbayangkan (bagi anda yang masih baru sekali tentang internet marketing). Disini, anda akan dibimbing bagaimana membuat website, kemudian bagaimana ”menghidupkan” website anda, bagaimana teknik mencari dan membuat tulisan untuk konten web anda,  teknik SEO (search engine optimation) suatu teknik agar website anda bisa ”terkenal” di google, affiliate program, google’s adsense, membuat niche, dan lain-lain, pokoknya banyak sekali.

Selanjutnya,  kalau anda berminat mempelajari internet marketing, semua keputusan ada pada anda sendiri, sebelum anda memutuskan alternatif  cara bagaimana belajar internet marketing, saya sarankan silahkan anda klik di Asian Brain Internet Marketing dan baca modul promonya (gratis) disana, pelajari dan baru putuskan. Model apa yang paling cocok buat anda untuk belajar internet marketing, apakah melalui buku yang dapat anda beli ditoko2 buku terdekat, download gratis atau bergabung dengan Asian Brain Internet Marketing atau sekolah-sekolah online / off line, sesuai pilihan anda.

Jadi,  ditengah krisis dan kesulitan ekonomi yang melanda negeri kita, mengapa kita tidak mencoba menggeluti yang satu ini?  Internet marketing, siapa tahu, hanya Tuhan yang tahu, justru disinilah anda akan menemukan pencerahan, sebuah dunia  baru yang cocok dengan anda.

Internet Marketing, Why Not?   

Setiawan Heru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s